FreeBSD




A. Pendahuluan

1. Pengertian

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite. FreeBSD berjalan di atas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), amd64 (Opteron, Athlon64, dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc. FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.

2. Latar Belakang

Ingin mengetahui lebih dalam tentang FreeBSD

B. Alat dan Bahan

- Laptop
- Koneksi Internet

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

Jam 08.00 - 16.00

D. Tahap Pelaksanaan

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite [1]. FreeBSD berjalan di atas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), amd64 (Opteron, Athlon64, dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc. FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.


FreeBSD memiliki kesamaan dengan Linux, dengan dua perbedaan utama dalam cakupan dan perizinan: FreeBSD mengelola sistem operasi yang lengkap, yaitu proyek memberikan kernel, driver perangkat, utilitas pengguna dan dokumentasi, yang bertentangan dengan Linux yang hanya menyediakan kernel dan driver dan mengandalkan ketiga -party untuk perangkat lunak sistem; dan kode sumber FreeBSD umumnya dirilis dengan lisensi BSD permisif yang bertentangan dengan copyleft GPL yang digunakan oleh Linux.

Proyek FreeBSD mencakup tim keamanan yang mengawasi semua perangkat lunak yang dikirim dalam distribusi dasar. Berbagai macam aplikasi pihak ketiga tambahan dapat diinstal menggunakan sistem manajemen paket pkgng atau Port FreeBSD, atau dengan langsung mengkompilasi kode sumber. Karena persyaratan perizinannya yang permisif, sebagian besar basis kode FreeBSD telah menjadi bagian integral dari sistem operasi lain, seperti Juniper JUNOS, Apple's Darwin (yang merupakan basis sistem operasi macos, iOS, watchOS dan tvOS oleh Apple), Nintendo Beralih perangkat lunak sistem, dan sistem operasi yang berjalan di PlayStation 3  dan PlayStation 4.

Latar belakang 

Akar FreeBSD kembali ke University of California, Berkeley. Universitas tersebut mendapatkan lisensi sumber UNIX dari AT & T. Mahasiswa universitas mulai memodifikasi dan memperbaiki Unix AT & T dan menyebut versi modifikasi "Berkeley Unix" atau "BSD" ini, menerapkan fitur seperti TCP / IP, memori virtual dan Unix File System. Proyek BSD didirikan pada tahun 1976 oleh Bill Joy. Tapi karena BSD berisi kode dari AT & T, Unix, semua penerima harus mendapatkan lisensi dari AT & T terlebih dahulu untuk menggunakan BSD. 


Pada bulan Juni 1989, "Jaringan Release 1" atau hanya Net-1 - versi publik pertama BSD - telah dirilis. Setelah merilis Net-1, Keith Bostic, pengembang BSD, menyarankan untuk mengganti semua kode AT & T dengan kode yang dapat didistribusikan secara bebas berdasarkan lisensi BSD yang asli. Bekerja untuk mengganti kode AT & T dimulai dan, setelah 18 bulan, sebagian besar kode AT & T diganti. Namun, enam file yang berisi kode AT & T tetap berada di kernel. Pengembang BSD memutuskan untuk merilis "Networking Release 2" (Net-2) tanpa enam file tersebut. Net-2 dirilis pada tahun 1991.

Kelahiran FreeBSD

Pada tahun 1992, beberapa bulan setelah rilis Net-2, William Jolitz dan Lynne Jolitz menulis pengganti untuk enam file yang hilang, memasarkan BSD ke mikroprosesor Intel 80386, dan memanggil sistem operasi barunya 386BSD. Mereka merilis 386BSD melalui server FTP anonim. [9] Aliran pengembangan 386BSD lambat dan setelah masa lalai, sekelompok pengguna 386BSD memutuskan untuk bercabang sendiri dan menciptakan FreeBSD sehingga mereka dapat terus memperbarui sistem operasi. Versi pertama FreeBSD dirilis pada bulan November 1993.

Pada hari-hari awal proyek ini, sebuah perusahaan bernama Walnut Creek CDROM, atas saran kedua pengembang FreeBSD tersebut, setuju untuk merilis sistem operasi pada CD-ROM. Selain itu, perusahaan yang mempekerjakan Jordan Hubbard dan David Greenman, mengelola FreeBSD di servernya, mensponsori konferensi FreeBSD dan menerbitkan buku-buku terkait FreeBSD, termasuk The Complete FreeBSD oleh Greg Lehey. Pada tahun 1997, FreeBSD adalah "produk paling sukses" Walnut Creek. Perusahaan itu sendiri kemudian berganti nama menjadi The FreeBSD Mall dan kemudian iXsystems.


Saat ini, FreeBSD digunakan oleh banyak perusahaan IT seperti IBM, Nokia, Juniper Networks, dan NetApp untuk membangun produk mereka. [14] [15] Bagian tertentu dari sistem operasi Apple Mac OS X berbasis FreeBSD. [16] Sistem operasi PlayStation 3 juga meminjam komponen tertentu dari FreeBSD, [17] sedangkan sistem operasi PlayStation 4 berasal dari FreeBSD 9. [18] Netflix, [19] WhatsApp, [20] dan FlightAware [21] juga merupakan contoh perusahaan besar, sukses dan sangat berorientasi pada jaringan yang menjalankan FreeBSD.

Gugatan


386BSD dan FreeBSD keduanya berasal dari rilis BSD tahun 1992. Pada bulan Januari 1992, BSDi mulai merilis BSD / 386, yang kemudian disebut BSD / OS, sebuah sistem operasi yang serupa dengan FreeBSD dan berdasarkan rilis BSD tahun 1992. AT & T mengajukan tuntutan hukum terhadap BSDi dan dugaan penyebaran kode sumber AT & T yang melanggar perjanjian lisensi. Tuntutan hukum tersebut diselesaikan di luar pengadilan dan persyaratan yang sebenarnya tidak semuanya diungkapkan. Satu-satunya yang menjadi publik adalah bahwa BSDi akan memindahkan basis sumber mereka ke sumber 4.4BSD-Lite yang lebih baru. Meskipun tidak terlibat dalam proses pengadilan, disarankan untuk FreeBSD bahwa mereka juga harus pindah ke 4.4BSD-Lite. FreeBSD 2.0, yang dirilis pada November 1994, merupakan versi pertama FreeBSD tanpa kode dari AT & T.

Fitur

Startup FreeBSD 9.1 dengan console login prompt

Penggunaan 

Sebagai sistem operasi tujuan umum, FreeBSD digunakan dalam berbagai skenario

Server
FreeBSD berisi kumpulan perangkat lunak yang berhubungan dengan server secara signifikan di sistem dasar dan koleksi port, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi dan menggunakan FreeBSD sebagai server surat, server web, Firewall, server FTP, server DNS dan router, di antara aplikasi lainnya.

Desktop

Sistem X Window tidak terinstal secara default, namun tersedia dalam koleksi port FreeBSD. Sejumlah lingkungan Desktop seperti GNOME, KDE dan Xfce, dan window manager ringan seperti Openbox, Fluxbox dan dwm juga tersedia untuk FreeBSD.

Sistem tertanam


Meskipun secara eksplisit berfokus pada platform IA-32 dan x86-64, FreeBSD juga mendukung yang lain seperti ARM, PowerPC dan MIPS sampai tingkat yang lebih rendah.


E. Hasil Yang Didapatkan

Menjadi tahu apa itu FreeBSD

F. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/FreeBSD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Routing Static 3 Router

Mengupload Buku Pada Slims

Instalasi Arterisk dan Zoiper Untuk Berkomunikasi Pada Jaringan Lokal