Pembuatan VM (Virtual Machine) di Proxmox



Bab 1 Pendahuluan

Assalamualaikum wr.wb
Pada kessempatan kali ini saya akan membuat VM (Virtual Machine) di server Proxmox saya.

A. Pengertian 

Mesin Virtual atau mesin maya (Inggris: Virtual Machine, disingkat VM) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

B. Latar Belakang 

Supaya ada tempat untuk menginstall debian pada PROXMOX dan agar kita bisa melanjutkan ke tahap instalasi debian pada server

C. Maksud dan Tujuan 


  1. Mengetahui apa itu VM
  2. Mengetahui fungsi dari VM
  3. Mengetahui proses pembuatan VM di PROXMOX

D. Jangka Waktu Pelaksanaan 

jangka waktu yang di perlukan untuk pembuatan VM ini kurang dari 5 menit

E. Langkah Kerja


  1. Pertama kita koneksikan laptop anda ke jaringan anda
  2. kemudian, buka browser dan ketikkan alamat ip server PROXMOX kalian. contoh: https://192.168.4.2:8006




3. kemudian ada tampilan login Proxmox, Lalu masukkan username dan passwordnya




4.  Setelah login, dibawah ini adalah tampilan dari PROXMOX
 



5. kemdian di pojok samping kanan ada menu create VM yang artinya "buat VM" lalu klik, kemudian muncul tampilan general, lalu isi name nya saja, disini saya isi vm1




6. Lalu di tampilan OS saya pilih linux 4.x/3.x/2.6 kernel karena disini saya ingin menginstal debian. karena debian termasuk dalam distro linux. lalu klik next





7.  kemudian pilih iso image yang ingin diinstal. karena disini saya ingin menginstal debian saya pilih debian 8.6 lalu next




8. kemudian atur kapasitas hardisk yang ingin digunakan, kemudian next





9. nah disini saya menggunakan 1 core saja untuk VM saya, lalu next





10. di bawah ini tampilan memory yang ingin digunakan, disini saya menggunakan 3GB  , kemudian next





11. pada tampilan di bawah ini, pada menu VLAN tag isikan VLAN id yang telah diseting di Mikrotik kalian. kemudian next





12. VM berhasil di buat. untuk menjalankannya klik start




F. Hasil yang didapatkan

kita dapat mengetahui apa itu VM dan proses pembuatan VM.


G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_virtual


cukup sekian dulu dari saya.
wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Routing Static 3 Router

Mengupload Buku Pada Slims

Instalasi Arterisk dan Zoiper Untuk Berkomunikasi Pada Jaringan Lokal